Selasa, 09 September 2014

Penyebab Stress Tinggi pada Karyawan

Mendengar kata stress, kawan-kawan pasti sudah pernah ngalami hal tersebut. yang akan saya bahas dalam artikel saya yang berjudul penyebab stress tinggi pada karyawan ini adalah beberapa faktor yang harus kawan-kawan ketahui apa saja penyebab stress pada karyawan. Masalah stress yang terjadi pada tempat kerja memang selalu muncul di mana pun. Secara umum, stress sendiri timbul dikarenakan tingginya tuntutan dalam bekerja. Di negara AS saja 80% masalah kesehatan warganya berhubungan dengan masalah stress. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh CNN-Money.com pada tahun 2002. AS bahkan menghabiskan uang lebih dari USD17 miliar untuk digunakan sebagai obat antidepresi dan sebagai penahanan rasa sakit. Angka ini naik 10% dari tahun sebelumnya dan 30% dari dua tahun sebelumnya.

Langsung saja ya kawan, ini lah beberapa penyebab stress yang terjadi pada karyawan.

  1. Beban kerja terlalu tinggi
    Karyawan secara umum akan merasa stress jika beban kerja mereka terlalu sedikit atau terlalu berat. Disinilah peran seorang manajer, dia harus bisa membagi pekerjaan dan tanggung jawab serta memberikan prioritas pekerjaan mana yang harus diselesaikan dulu.
  2. Interupsi berkali-kali
    Supervisor yang selalu menelpon saat karyawan kerja, juga berkontribusi pada stress karyawan. Untuk mengatasinya, lakukanlah manajemen waktu yang baik, dan juga pendelegasian yang benar serta memberi perintah yang jelas pada karyawan.
  3. Atasi masalah dengan masalah
    Tingkat stress karyawan juga bisa meningkat apabila masalah yang dihadapinya ditanggapi dengan peraturan yang kontraproduktif. Untuk mengatasi hal tersebut, yaitu memberikan penjelasan yang secara detail soal peraturan tersebut agar para karyawan bisa memahaminya.
  4. Ketidakpercayaan dan ketidakadilan
    Jika hal tersebut terjadi, bukalah komunikasi yang baik dengan karyawan dan jelaskan mengapa keputusan tersebut diambil. Setelah itu, bangunlah kepercayaan karyawan dan selalu bertindak secara adil kepada mereka.
  5. Peraturan dan perintah yang tidak jelas
    Hal ini tentu bisa menurunkan kredibilitas manajemen di mata para karyawan. Untuk memastikan para karyawan mengerti maksud dari pesan yang disampaiakan, gunakanlah cara yang berbeda untuk menyampaikannya, seperti lewat memo, rapat atau diskusi kecil karena respon dari para karyawan tersebut sangatlah penting untuk memastikan bahwa peraturan tersebut akan berjalan lancar. 
  6. Karier yang ambigu
    Jika suatu karyawan tidak mendapatkan kepastian mengenai pekerjaan di tempat tersebut, mereka tentun akan merasa kecewa dan tidak berdaya lagi. Karena itulah karyawan perlu diberikan informasi tentang masalah atau kabar tersebut sampai mereka dapat memperkirakan bagaimana masa depan karier mereka di perusahaan tersebut.
  7. Tidak ada tanggapan
    Setiap karyawan tentu ingin tahu bagaimana hasil dari kerja mereka, apakah baik atau buruk, jika atasan tidak pernah memberi penjelasan baik secara tertulis maupun verbal, tentu akan menjadi tanda tanya bagi karyawan. Padahal dengan memberi respon, karyawan dapat memperbaiki atau meningkatkan kinerjanya.
  8. Tidak ada penghargaan
    Dengan tidak adanya sebuah penghargaan terhadap para karyawan juga bisa menurunkan produktivitas kerja mereka. Cara yang paling efektif adalah mengatakan dengan tulus bahwa para karyawan tersebut sangat berarti bagi perusahaan
  9. Komunikasi yang buntu
    Minimnya komunikasi juga meningkatkan stress dan bisa menurunkan kinerja karyawan. Maksud komunikasi ini adalah komunikasi dengan dua arah agar masing-masing bisa mengurangi keluhan dan mereduksi stress
  10. Ketidakberdayaan
    Inilah yang merupakan tingkat stress yang paling tinggi yaitu ketika karyawan tidak mampu atau tidak mampu berkata-kata terhadap kebijakan yang menimpa karyawan tersebut. karyawan tersebut seharusnya diberi kesempatan untuk memberikan masukan sebelum ada keputusan yang diambil. Dengan mendengarkan apa yang diinginkan oleh karyawan dapat menurunkan tingkat stress dan meningkatkan produktivitas. 

Semoga dengan artikel ini, bisa bermanfaat bagi kawan-kawan sekalian. Ini sedikit promo nih, bagi kawan-kawan yang terkendala dalam membuat skrispi atau yang lainnya, kami PT Karunia Mandiri Consultant, bergerak dalam bidang jasa bimbingan/konsultasi karya tulis ilmiah – skripsi, tesis, disertasi, input data, makalah, jurnal dsb – siap melayani kawan-kawan semua. Kami didukung oleh orang-orang yang sudah dalam bidangnya, jadi insya allah hasilnya memuaskan kawan-kawna semua.
Sekian dari saya yah, ketemu lagi dilain waktu, terima kasih sudah mengunjungi blog kami...

0 komentar:

Posting Komentar