Jumat, 09 September 2016

Cara Membuat Tesis dengan Baik dan Benar Secara Singkat

Mendengar tesis mungkin pikiran kita dihadapkan pada ketakutan, deadline, buku-buku, jurnal, internet dan beberapa sumber lain yang mungkin membuat kita hidup dalam cekapan pada saat itu. Pada saat saya memulai mengerjakan proses menulis thesis, saya berusaha untuk mencari beberapa tips dan kiat yang dapat membantu saya untuk memudahkan mengerjakan tesis. Berdasarkan pengalaman pribadi dan kiat yang ditemukan dari beberapa orang, maka saya memberikan beberapa kiat, diantaranya:

1. Memulai
Pada saat pengerjaan tesis, adalah suatu kondisi dimana mahasiswa tidak mengerjakan lagi suatu penelitian, mahasiswa mulai menulis hasil dari penelitiannya. Sedangkan untuk tesis yang berdasarkan pada kuliah atau bukan penelitian (research), maka yang biasa dilakukan adalah mengumpulkan semua sumber atau literatur untuk mulai ditulis. Memulai dan niat itu sangat penting dalam mengerjakan tesis.

2. Fokus
Hindarkan penggunaan email, facebook, atau akses dengan internet pada saat menulis tesis, seskitnya 3 jam sehari. Karena jika kita sudah terjebak pada rutinitas penggunaan internet terutama facebook di pagi hari, maka kita selanjutnya akan sulit untuk bisa melepaskannya. Fokus saja dengan proses menulis. Fokus dengan apa yang ingin ditulis. Jika masih belum bisa untuk menghindari internet atau facebook, gunakan metode pandora yaitu silakan membayangkan tomat yang kemudian diiris, dari sana dari setiap irisan bayangkan untuk bisa menulis 3 jam dalam sehari, keinginan harus kuat. Setelah 3 jam, gunakan waktu istirahat, minimal 5 menit, lakukan seterusnya sampai waktu makan siang. Sehingga kita akan bisa lebih produktif

3. Daftar yang akan dikerjakan tiap hari
Setelah fokus, kita bisa memulai apa yang akan dikerjakan tiap harinya. Misal memulai dari bab 2 literatur review atau bab yang paling mudah. Hindari untuk mengerjakan bab 1 atau pendahuluan, karena bab ini dapat kita kerjakan terakhir.

4. Target
Lakukan dan gunakan target tiap hari, sehingga kita akan mengetahui perkembangan usaha kita. Apakah sudah mencapai target apa tidak. Lakukan target kecil dahulu dan lakukan terus-menerus sampai dengan selesai. Mulai dari bagian yang paling kecil dan mudah.

5. Pentingnya outline tesis
Dengan outline kita akan bisa melihat keseluruhan isi dari tesis, sehingga kita akan mengetahui bagian mana yang akan kita selesaikan, berapa jumlah bab, isi dari masing-masing bab apa saja, kesimpulan yang ingin dituliskan apa, dan peluang untuk penelitian atau studi lanjutan.

6. Kontinyu menulis
Usahakan untuk selalu konsisten dalam menulis. Misalnya harus menulis 500 kata dalam satu hari. Jadi setelah bulan pertama dan selanjutnya kita akan mengetahui kekurangan dari tulisan kita apa.

7. Hindari Copy Paste / Plagiat
Menulis tesis adalah menulis ulang(re-write) menggunakan kata-kata sendiri, berdasarkan studi literatur yang ada. Adanya plagiat atau mengkopi hasil karya orang lain sangat tidak dianjurkan. Akan menyesal dikemudian hari. Malu pada diri sendiri, orang lain, perguruan tinggi tempat kita menuntut ilmu, malu pada orang tua dan yang paling penting malu pada Tuhan.

8. Proses editing
Proses ini awalnya harus dilakukan oleh kita pribadi dan juga mengikutsertakan pembimbing. Kita juga harus bisa self- editing yaitumengkoreksi tulisan kita sendiri sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

9. Niat untuk selesai
Tanamkan dalam jiwa dan pikiran bahwa kita ingin segera menyelesaikan tulisan atau tesis dan dapat segera lulus.

10. Komunikasi dengan semua orang
Komunikasi ini penting, tidak hanya terhadap pembimbing, tetapi juga orang-orang yang berada di sekitar kita. Kita akan mempunyai iklim yang baik untuk memulai dan menyelesaikan tulisan kita karena dukungan mereka semua.

11. Berdo’a
Berdo’a wajib dilakukan awal, selama dan akhir dari proses menulis. Karena usaha kita tidak akan berhasil tanpa campur tangan Tuhan. Hanya bagi orang-orang yang berpikir dan percaya.

Jasa Pembuatan/Konsultasi Skripsi,Tesis,Disertasi Olahdata di Surabaya
Segera Hubungi Kami :
Faid (Marketing PT.Karunia Mandiri Consultant)
Email : karunia_mandiri@yahoo.com
Telp : (031) 8705532
No Hp : 085655015212 / 08123120611
atau di lokasi PT.Karunia Mandiri Consultant
jln. Kedung Asem No 47 Rungkut Surabaya

1 komentar:

Unknown mengatakan...

membantu sekali infonya thanks
http://opcplus-capsule.xyz/

Posting Komentar