Senin, 12 September 2016

Langkah Mudah Menjadi Mahasiswa Sukses

Kesuksesan selama menjalani perkuliahan. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa diterapkan, antara lain:
1. Yakinkan Diri
Mulai saat ini kuatkan keyakinan pada diri anda bahwa anda berada di kampus terfavorit dan berada pada jurusan yang paling unggul diantara jurusan-jurusan lainnya. Anda juga harus yakin mampu menjadi sukses di kampus tersebut dengan segala perangkat pembelajaran dan instrumen pendukung lain yang ada di dalamnya.

2. Percaya Diri
Ketika bangun tidur, carilah  cermin lalu  katakan pada diri anda sendiri, “Aku adalah aku, bukanlah orang lain. Aku yakin bisa lebih unggul dari yang lain. Aku yakin akan kemampuanku sendiri dan aku yakin mampu berbuat yang terbaik dari yang lain.”

3. Cermati Sajian Mata Kuliah
Perhatikan Kartu Rencana Studi anda dan cermati sajian mata kuliah yang ada di sana. Segera bergegas  mencari buku yang sesuai dengan mata kuliah yang akan ditempuh pada semester ini. Nggak perlu nunggu kuliah mulai aktif. Lebih cepat, lebih baik.
Setelah mendapat bukunya atau info dari internet, segera pelajari satu persatu. Nggak perlu sampai tamat semua. Pahami saja poin-poin pentingnya. Dengan demikian, anda akan selangkah lebih maju dibandingkan orang lain.

4.Komunikatif
Sadari bahwa anda tidak sendiri selama kuliah di kampus .  Banyak teman sesama mahasiswa (adik/kakak/teman seangkatan) maupun dosen yang siap membantu anda menuju kesuksesan. Manfaatkan waktu luang untuk bertanya tentang mata kuliah yang belum anda mengerti .

5.Aktif
Aktif berorganisasi atau ikut serta dalam Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) selain sebagai wadah penyaluran minat dan bakat, anda akan mendapat pengalaman tentang manajemen dan kepemimpinan dalam organisasi. Dengan demikian, anda memiliki bekal ccukup ketika terjun di masyarakat sebagai Agent of Change.

6.Mulailah Menulis
Biasakan sejak dini untuk memperbanyak membaca dan menulis. Hal ini penting untuk mengasah imajinasi dan kreativitas. Kok membaca dan menulis? Iya, kalo nggak banyak baca,  apaan coba yang mau ditulis? Tulislah dari hal yang sederhana, seperti  kegiatan sehari-hari, pengalaman lucu dan sedih, cerpen, opini singkat mengenai suatu peristiwa,atau rangkuman dari mata kuliah yang sedang ditempuh. Pokoknya, tulis saja hal yang ingin ditulis.

7.Raih IPK tinggi dengan cara:
a. Maksimalkan diri untuk menekuni suatu mata kuliah yang tidak disukai sebagian besar mahasiswa. Di saat teman-teman merasa boring belajar,  anda justru harus semangat agar mendapat hasil dan nilai yang maksimal.
b. Pacu diri untuk bersaing dengan sehat, terutama untuk mata kuliah yang ramai diminati mahasiswa.
c. Berusaha maksimal dalam mengerjakan tugas. Jangan hanya asal-asalan. Cari referensi yang lengkap dan akurat.

8.Bersyukur
Setelah semua langkah sudah dilakukan, sekarang tugas anda adalah bersyukur dan tawakkal dengan hasil apapun yang diperoleh berdasarkan  usaha keras anda. Baik atau buruknya nilai itu relatif. Tidak perlu dirisaukan. Lalu, jangan pernah puas dengan nilai tersebut. Teruslah  berusaha untuk meningkatkannya agar menjadi lebih baik lagi. Jangan pernah putus asa, jangan sombong dan tetap rendah hati. Semoga bermanfaat.

Jasa Pembuatan/Konsultasi Skripsi,Tesis,Disertasi Olahdata di Surabaya
Segera Hubungi Kami :
Faid (Marketing PT.Karunia Mandiri Consultant)
Email : karunia_mandiri@yahoo.com
Telp : (031) 8705532
No Hp : 085655015212 / 08123120611
atau di lokasi PT.Karunia Mandiri Consultant
jln. Kedung Asem No 47 Rungkut Surabaya

0 komentar:

Posting Komentar