Rabu, 10 September 2014

Keset Penghisap Debu Ala Mahasiswa Surabaya

Lagi-lagi mahasiswa Indonesia melakukan inovasi dengan menciptakan teknologi baru. Inovasi tersebut berbentuk keset serba guna yang bisa berfungsi sebagai penghisap debu yang dibuat oleh sekelompok mahasiswa dari ITS Surabaya. Semua akan terangkum dalam artikel saya ini yang berjudul keset penghisap debu ala mahasiswa Surabaya.

Keset tersebut dibuat dengan tujuan agar debu tak masuk dan mengotori rumah. Kotoran yang ada pada keset  diklaim tidak akan lengket pada permukaan, melainkan akan langsung masuk ke dalam. Menurut salah satu tim pembuat keset penghisap debu tersebut, Rizky,  menyatakan bahwa keset tersebut mereka namai dengan Doormatics, terinspirasi dari pengalaman pribadi dari Rizky ketika membersihkan lantai dan pada saat yang sama adiknya datang lalu mengotori lagi lantai tersebut. 

Dengan adanya inspirasi untuk membuat alat tersebut, Rizky mengajak teman-temannya untuk membuat secara bersama-sama dan kemudian mengajukan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) mengenai pembuatan alat tersebut ke Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Dia beserta timnya mendapatkan kucuran dana dari Dirjen Dikti sebesar Rp 7,5 juta kemudian uang tersebut digunakan untuk merealisasikan keset tersebut. dengan adanya inovasi teknologi ini diharapkan bisa menekan pengeluaran perusahaan karena bisa mengurangi jumlah petugas kebersihan. Rizky juga menjelaskan, dalam proses pembuatan keset ini, timnya bekerja sama dengan salah satu bengkel di daerah Semolowaru, Surabaya. Dengan adanya beberapa kendala mengenai pembuatan keset tersebut menjadi alasan kerja sama tersebut. salah satu kendalanya adalah hambatan dalam meningkatkan daya hisap debu pada keset tersebut. dengan adanya bantuan tersebut, Rizky beserta timnya menghasilkan Doormatics dengan daya listrik 380 watt. Dengan keberhasilan tersebut kemudian memberikan kesempatan Doormatics untuk berhadapan dengan inovasi lainnya dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke 27 di Semarang. 

Gimana nih... pasti kawan-kawan juga ingin seperti Rizky dan teman-temannya bukan?? Kalau menurut saya sih bisa aja kawan, segalanya akan menjadi mungkin bila kita mau kerja keras dalam mencapai keinginan tersebut, tidak mudah dalam setiap melangkah, dan jangan lupa yang terakhir yaitu berdoa selalu kepada Allah SWT. Insya allah bisa. Numpang promosi nih kawan, salah satu perusahaan ternama di Surabaya, PT Karunia Mandiri Consultant (Jasa Bimbingan/Konsultasi Karya Tulis Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Input Data, dll) siap membantu kawan-kawan yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas akhir entah itu gara-gara terlalu sibuk dengan pekerjaannya atau yang lain. Kami didukung oleh orang-orang yang handal dibidangnya. Insya allah hasilnya sesuai dengan yang diharapkan kawan-kawan.
Terima kasih sudah mengunjungi blog kami...

0 komentar:

Posting Komentar