Senin, 08 September 2014

Pentingnya Membaca Dongeng pada Perkembangan Anak

Berbicara mengenai anak, emang sangat mengasyikkan bukan??, apalagi bagi para pasangan yang baru menikah dan baru mempunyai anak. Artikel saya ini membahas tentang pentingnya membaca dongeng pada perkembangan anak. Berbeda dengan artikel-artikel sebelumnya yang membahas ruang lingkup skripsi. Kali ini saya memang sengaja membuat sesuatu yang berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya.

Istilah dongeng yang pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita bukan?? tetapi hal tersebut semakin lama semakin memudar karena dimakan oleh usia. Padahal tanpa kita sadari begitu banyak sekali keuntungan bagi anak-anak jika mendapatkan dongeng. Perlu kita sadari pula bahwa dongeng anak-anak sangat bagus meskipun pada praktiknya kita sendiri mengalami banyak halangan seperti lelah setelah kerja dan hanya menganggap dongeng menjadi sangat merepotkan. Padahal manfaat dari dongeng bagi anak-anak sangatlah banyak misalnya merekatkan hubungan orang tua dan anak itu sendiri dan juga dapat mengoptimalkan perkembangan psikologis anak. Masih banyak manfaat lain, monggooo disimak yaaah.

  1. Mengembangkan daya imajinasi anak
    Dunia anak sendiri merupakan dunia imajinasi. Jadi anak-anak sendiri memiliki dunia sendiri dan tak jarang mereka berbicara dengan temank hayalannya. Dengan daya imajinasi yang bagus ini, maka peran orang tua sendiri harus bisa mengarahkannya kearah ke hal-hal yang positif agar tetap terkontrol. Dengan dongen inilah bisa berguna untuk mengarahkannya mereka ke arah yang baik.
  2. Meningkatkan keterampilan dalam berbahasa
    Dongeng merupakan alat untuk merangsang keterampilan berbahasa pada anak-anak. Ingat yaah, dongeng bisa merangsang anak-anak perempuan dalam meningkatkan keterampilan dalam berbahasa mereka. Hal ini dikarenakan anak perempuan lebih fokus dan konsentrasi daripada anak laki-laki. Dengan menyuguhkan kisah-kisah dongeng yang mengandung cerita positif  agar membuat anak-anak mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan.
  3. Membangkitkan minat baca anak
    Jika kalian ingin memiliki anak yang memiliki minat baca yang baik, maka dongenkanlah karena hal tersebut akan membuat anak-anak menjadi tertarik dan rasa penasaran yang akan membuat anak-anak ingin mencari tahu. 
  4. Membangun kecerdasan emosional anak
    Dengan mendongeng kepada anak-anak dapat membangkitkan kecerdasan emosional anak-anak dan juga sebagai sarana yang mampu merekatkan hubungan ibu dan anak. Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak mempunyai kesulitan dalam mempelajari nilai-nilai moral dari kehidupan. Dengan menceritakan dongeng  kepada anak-anak, kita bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang kita dongengkan. Dengan adanya dongeng, anak-anak bisa menyerap nilai-nilai emosional pada sesama. Memang, tidak bisa dipungkiri bahwa kecerdasan emosional sangat penting disamping kecerdasan kognitif. 
  5. Membentuk rasa empati pada anak
    Dengan adanya metode dongen ini akan membuat anak-anak belajar berempati terhadap lingkungan sekitar. Stimulus yang lebih berhasil adalah dengan cara merangsang indera pendengarannya. Dengan memberikan cerita-cerita dongeng yang mendidik, maka anak-anak akan dengan mudah menyerap nilai positif  yang akan menjadikan mereka anak yang berempati dengan orang lain. 
Dengan penjelasan tadi, alangkah baiknya orang tua zaman sekarang tetap menggunakan metode dongeng, meskipun terdengar udah gak zaman, tapi manfaat dari membacakan dongen tersebut sangatlah bagus bagi anak-anak. numpang promo nih kawan, kami PT Karunia Mandiri Consultant, perusahaan jasa bimbingan skripsi, tesis, disertasi di Surabaya. Bagi teman-teman yang juga kesulitan membaca tabel hasil SPSS, bergabunglah bersama kami. Program studi dan jurusan yang kami layani antara lain Akuntansi, Bisnis dan Manajemen, Ekonomi, Ilmu Politik, Kedokteran, Hukum, Ilmu Budaya, Farmasi, Sains, Psikologi, Komunikasi, dan lain sebagainya. Yuk bergabung...
Sudah dulu yah, terima kasih sudah mengunjungi blog kami...

0 komentar:

Posting Komentar