Rabu, 03 September 2014

Cara Bijak Mengelola Keuangan Keluarga


Hai teman-temanku yang budiman, yang baik hati, hmm...pokonya yang baik-baik deh buat teman-teman. Ini aku kasih tips yang menarik untuk dipelajari yang saya susun dalam artikel saya yang berjudul cara bijak mengelola keuangan keluarga. Semoga dengan artikel ini teman-teman bisa mempraktekkannya di kehidupan nyata yaaah.

Masalah keuangan merupakan hal yang sangat umum yang dialami oleh keluarga muda, apalagi pada tahun pertama menjalani kehidupan berumah tangga. Padahal dalam keluarga tersebut belum hadirnya si kecil, lalu akan timbul sebuah pertanyaan benarkan masalahnya terletak pada besar-kecilnya pendapat keluara tersebut? Salah teman, terkadang yang menjadi masalah bukan terletak pada pendapatan yang kurang, tetapi karena kebiasaan yang salah dalam mengelola uang tersebut. Ini aku jelasin mengenai kunci dalam megelola keuangan secara sederhana, antara lain:


  1. Pahami portofolio keuanagn keluarga
    Teman-teman harus tau isi tabungan, jumlah tagihan listrik, servis mobil, biaya periksa dokter dan lain sebagainya.
  2. Susun rencana keuangan atau anggaran
    Rencana keuangan yang realistis bisa membantu teman-teman bersikap obyektif mengenai pengeluaran yang berlebihan. Yang perlu diingat adalah tak perlu terlalu ideal sehingga lupa akan kebutuhan diri sendiri. Nggak salah jika teman-teman memasukkan kebutuhan pergi ke salon yang penting adalah anggarkan jumlah yang realistis dan teman-teman pun harus patuh dengan anggaran tersebut. 
  3. Bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan
    Memang tak jarang kita sendiri membelanjakan uang kita untuk sesuatu yang tak terlalu penting atau hanya terdorong pada keinginan, bukan kebutuhan. Saran saya, lebih baik teman-teman harus mendahulukan kebutuhan daripda keinginan. 
  4. Hindari hutang
    Memang tidak bisa dipungkiri lagi, godaan untuk hidup konsumtif selalu semakin besar, tapi bukan berarti teman-teman dengan mudah membeli berbagai benda secara kredit. Bagi teman-teman, alangkah baiknya mau menumbuhkan kebiasaan menggunakan uang dengan sehat bisa dimulai dengan yang sederhana, misalnya tidak memiliki hutang konsumtif.
  5. Meminimalkan belanja konsumtif
    Jika teman-teman mempunyai niat untuk bertemu teman lama hanya untuk bertukar pikiran di kafe terkadang memang diperlukan, tapi bukan berarti teman-teman harus melakukannya tiap hari. Teman-teman bisa menggunakan pengeluaran tersebut untuk menabung atau untuk memebuhi kebutuhan lain.
  6. Tetapka tujuan atau cita-cita finansial
    Bersama pasangan teman-temanbesok, susun target keuangan yang ingin dicapai secara berkala. Dalam menentukan target tersebut harus dengan tujuan yang spesifik, realistis, dan dalam waktu tertentu. Tujuan ini bisa membantu teman-teman untuk lebih fokus merancang keuangan.
  7. Menabung dan menabung
    Teman-teman harus mengubah pola pikir dan kebiasaanya. Disaat kalian menerima gaji. Sishkan untuk tabungan kalian dalam jumlah yang sudah direncanakan sejak awal, kalau bisa teman-teman mempunyai dua rekening yang terpisah, yang pertama untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari.
  8. Berinvestasilah
    Teman-teman pasti tidak akan puas dengan hanya menunggu tabungan menggunung, padahal cita-cita teman-teman untuk keluarga selangit, inilah saat yang tepat untuk memikirkan investasi. 

Gimana temaaaan...mantab bukan....
Semoga artikel ini bermanfaat ya khususnya bagi teman-teman yang sudah berkeluarga. Numpang promo ni teman aku, mari bergabung dengan perusahaan kami, PT Karunia Mandiri Consultant, perusahaan yang bergerak dibidang jasa bimbingan/konsultan karya tulis ilmiah meliputi skripsi, tesis, disertas, input data, olah data, dan lain-lain sebagainya. Bagi teman-teman yang tidak ada waktu untuk mengerjakan tugas akhir dikarenakan tidak ada waktu karena sibuk kerja atau karena kesibukan yang lain, perusahaan kami lha solusi atas masalah anda. 
Terima kasih sudah mengunjungi blog kami, kalau ada pertanyaan, kritik ataupun saran, mongooo dikomen...ditunggu lho yaaa...

0 komentar:

Posting Komentar