Minggu, 21 Agustus 2016

Cara Mengkritik Tanpa Membuat Perasaan Orang Lain Terluka

Mungkin Anda pernah merasa ingin menyampaikan kritik kepada orang lain, tapi takut merusak hubungan yang sudah terjalin. Kritik memang seperti pisau bermata dua, meski kadang bermaksud untuk membantu, bisa juga menjadi menyakitkan bagi orang lain. Karena itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat memberikan kritik kepada orang lain tanpa membuat mereka kesal atau benci terhadap Anda. 
  1. Berbicara dengan sopan dan baik.
    Kadang, kritik dilontarkan karena diri kita sedang marah. Dalam situasi tersebut, orang akan menjadi kasar atau memberikan kata-kata yang mungkin akan disesali nanti. Tenangkan diri Anda dan berbicaralah dengan baik. Tersenyum, bicara perlahan, berikan sikap bersahabat, dan sikap tubuh yang rileks merupakan beberapa hal yang harus Anda lakukan saat menyampaikan kritikan. Satu hal lagi yang juga tak kalah penting, tunjukkan bahwa Anda berada di pihak mereka dan bukan pihak yang menentang. 
  2. Fokus pada tindakan.
    Saat mengkritik selalu fokuskan pada tindakan, yaitu tindakan apa yang sebaiknya dilakukan atau justru dihindari oleh mereka, jangan mengkritik orangnya. Kebanyakan kritik dilontarkan kepada sosok orangnya dan bukan kepada tindakan yang mereka lakukan. 
  3. Kritik ala sandwich.
    Salah satu cara untuk memberikan kritik secara ‘ringan’ adalah dengan menyelipkan kritikan di antara dua pujian. Jadi, awali dengan memuji pekerjaan sebelumnya, sampaikan masalah dan kritik, lalu akhiri menegaskan pujian Anda sebelumnya atau pujian lainnya. 
  4. Buat kritik terdengar seperti saran.
    Kritik sebenarnya diberikan untuk kemajuan, karena itu bicarakan kritik agar terdengar seperti saran dan anjuran. Pastikan bahwa saran itu perlu dilakukan sebagai bentuk pengembangan dan bukan karena ada keinginan menjatuhkan orang lain. 
  5. Lakukan di tempat terpisah.
    Saat menyampaikan kritik, ada baiknya Anda melakukannya di tempat terpisah dengan orang lain yang tidak berkepentingan. Seseorang biasanya merasa dipermalukan ketika dikritik di depan orang lain dan hal itu bisa menimbulkan kebencian. 
  6. Membuat kesalahan yang sama.
    Teknik lainnya juga tak kalah kuat adalah dengan mengakui bahwa Anda pernah melakukan kesalahan yang sama. Dengan begitu orang yang Anda kritik akan merasa kesalahan itu masih bisa diperbaiki, asalkan mau melakukan perubahan sesuai saran dan anjuran yang diberikan. 
  7. Pesan pribadi.
    Ada kalanya Anda tidak berani mengatakan kritik secara langsung, untungnya dengan kecanggihan teknologi Anda bisa melakukannya dengan pesan pribadi. Gunakan email jika Anda ingin menulis lebih panjang. Dengan cara ini Anda juga akan lebih berhati-hati dalam memilih kalimat, pastikan bahwa orang yang akan dikritik tidak akan tersinggung, dan tentu saja karena sifatnya pribadi orang lain tidak perlu tahu. 
Jasa Pembuatan/Konsultasi Skripsi,Tesis,Disertasi Olahdata di Surabaya
Segera Hubungi Kami :
Faid (Marketing PT KARUNIA MANDIRI CONSULTANT)
Email : karunia_mandiri@yahoo.com
Telp : (031) 8705532
No Hp : 085655015212 / 08123120611
atau di lokasi PT KARUNIA MANDIRI CONSULTANT

0 komentar:

Posting Komentar