Senin, 15 Agustus 2016

Bagaimana Sih Cara meningkatkan Minat Belajar Para Mahasiswa?

Khususnya yang mahasiswa nih..rasanya susah ya kalo disuruh belajar itu? Main, shopping, ngegame, dll itu yang menjadi kesukaan para agen perubahan itu. Waktu yang terbuang dengan sia-sia tanpa mereka sadari ketika mereka sudah akan lulus kuliah. Jangan sampai ya sahabat-sahabatku semua menyeal dikemudian hari mending kirta sekarang sama-sama prihatin dengan kondisi yang ada.

Seperti mau yang instan-instan saja para mahasiswa di masa kini copy-paste sering mereka lakukan tanpa mengetahui esensi dari pendidikan di perguruan tinggi itu apa. Bahwa mereka belum menghargai sebuah proses pendidikan. Iming-iming tawaran serba instan dari pihak mana pun membuat agen of change ini akhirnya tergiur untuk bermalas-malasan dalam menghadapi masa depan. Nah, di sini saya ada tips khusus buat para mahasiswa yang sangat dekat dengan aksi copy-paste ini meskipun tidak semua mahasiswa melakukan copy-paste.

1. Berteman dengan Orang yang Rajin Belajar.

Seperti pepatah” Siapa dekat dengan penjual minyak wangi maka akan ketularan wangi tapi siapa dekat dengan penjual minyak tanah maka baunya seperti minyak tanah. Hal ini membuktikan bahwa faktor dari teman itu adalah faktor yang begitu sangat mempengaruhi pola pikir masa depan kita. Walaupun demikian, kita tidak boleh pilih-pilih teman hal ini justru menjadikan kita sebagai pribadi yang angkuh.

2. Terapkan Disiplin Jam Belajar di Rumah.

Disiplin merupakan kunci kesuksesan dalam meraih kesuksesan. Oleh sebab itu sebisa mungkin aturlah waktumu sebaik-baiknya. Kita diberikan waktu 24 jam oleh Tuhan maka pergunakanlah waktu tersebut dengan sebaik-baiknya. Karena waktu itu bagaikan pedang, jika kamu tidak menggunakan dengan sebaik-baiknya maka dia(pedang) akan memenggalmu. Ya, paling tidak belajar 2 jam dalam sehari..Percaya dech pasti materi kuliah akan terserap dengan baik darpiada belajar dengan sistim SKS (sistim kebut semalam). Yakinlah hal ini jauh lebih efektif bila bisa membagi waktu dengan baik.

3. Bacalah Buku-Buku Referensi

Sebagai mahasiswa gengsi donk bila tak pernah baca buku satu pun di perpustakaannya maupun buku bacaan lainnya? Meskipun dibilang membaca itu sangat membosankan(perspektif orang yang gak suka baca buku) tapi awalilah membaca bahan-bahan yang ringan dulu, seperti kumpulan novel, cerpen, buku-buku fiksi lainnya. Hal tersebut sangat membantu kita dalam proses terbiasa untuk membaca materiperkuliahan secara berkesinambungan. Karena, buku adalah jendela dunia. Dengan buku kita dapat mengetahui apa saja yang ada di dunia ini. Untuk itu baca buku-buku referensi itu penting lho kawan…Tidak boleh bilang kalau yang hobi baca itu orang-orang culun dengan gaya pakai kacamata besar. Jangan pernah sesekali beranggapan seperti itu.

Buktinya, teman saya sekelas yang bernama Boneka Lilin(bukan nama sebenarnya) dia tidak memakai kacamata besar, bergaya biasa(tidak culun), pokoknya seperti anak muda biasa. Hasilnya sekarang, dia menjadi penulis yang cukup diakui di dunia kepenulisan maupun dunia percetakan. Dengan membaca buku, dia sekarang telah mendirikan sebuah penerbitan indi. Dan, hasilnya sungguh fantastis dia meraup keuntungan 5 juta per bulan. Menarik bukan?

4. Tes kemampuan Anda dengan Menjawab Kumpulan Soal-Soal Ujian

Kemapuan kita akan terlihat bila kita telah melaksanakan atau mengerjakan soal. Kalau sekiranya nilai sudah memuaskan, jangan pernah untuk memunculkan sikap sombong, barangkali soal-soal itu pas kebetulan muncul, tapi kalau tidak muncul yang dipelajari sangat pesimis tetaplah optimis untuk meraih kesuksesan itu.

5. Berkonsultasi dengan Dosen

Dosen kita anggap sebagai teman kita ketika di kampus jadi artinya kita bisa saling share pengetahuan yang ada. Secara tidak sadar, dosen menjadi salah satu jembatan untuk kita sukses. Link yang kita buat dengan dosen tentu sangat berguna. Seperti contoh: bila kita dekat denagn dosen satu ajalahpasti nilai mata kuliah yang diampu oleh dosen tersebut kita memperoleh nilai tinggi. Hal tersebut sudah ada buktinya sendiri. Teman saya sekelas yang dia secara kemampuan biasa-biasa saja tapi berhubung dia bisa mengambil hati si dosen nilainya jadi tinggi kok. Eits…Tapi jangan berharap begitu, itu cara yang kurang baik. Maksud saya adalah tetap untuk berbagi ilmu kita membangun link dengan dosen itu bukan malah memanfaatkan si dosen untuk memberi nilai tinggi.

Jasa Pembuatan/Konsultasi Skripsi,Tesis,Disertasi Olahdata di Surabaya
Segera Hubungi Kami :
Faid (Marketing PT KARUNIA MANDIRI CONSULTANT)
Email : karunia_mandiri@yahoo.com
Telp : (031) 8705532
No Hp : 085655015212 / 08123120611 / 031 70742999
atau di lokasi PT KARUNIA MANDIRI CONSULTANT

0 komentar:

Posting Komentar