Senin, 01 Agustus 2016

Negoisasi Yang dapat dilakukan oleh Mahasiswa

Negosiasi gak hanya kamu lakukan di dalam dunia kerja nanti tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Negosiasi terjadi saat berhadapan dengan teman kuliah, pihak administrasi, dosen, dan juga ibu kos. Berikut ini adalah sedikit tips yang mungkin bisa kamu gunakan untuk melakukan negosiasi.

Negosiasi dengan Teman
Sebagai mahasiswa tentu kamu butuh sosialisasi dan teman. Tentunya perselisihan pun tidak dapat kamu hindari. Baik dalam masalah pribadi, atau tugas kelompok. Bahkan gak jarang terjadi perdebatan yang membuat kalian gak mau kalah satu dengan yang lainnya. Sebenarnya bernegosiasi dengan teman itu mudah karena kuantitas pertemuan membuat kamu harusnya mengetahui karakter dari temanmu ini. Kuncinya adalah kenali karakter temanmu. Cobalah berfikir dari sudut pandang temanmu ini. Biasanya mahasiswa adalah orang yang paling mudah untuk dipengaruhi dengan sesuatu yang sifatnya masuk akal atau menggunakan “logika”. Pengaruhi dia hingga kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan. Misalnya jika ia sangat sulit diajak bekerja sama dalam mengerjakan tugas. Beri argumen hal-hal yang bisa merugikannya. Biasanya mahasiswa masih mementingkan keuntungan dan takut akan sesuatu yang merugikannya. Jadi kamu tekankan hal ini.

Negosiasi dengan Pihak Administrasi Kampus
Negosiasi dengan pihak administrasi kampus biasanya mengenai masalah pembayaran uang kuliah, atau keperluan administrasi yang berhubungan dengan perkuliahan semester hingga skripsi. Sayangnya banyak banget mahasiswa yang mengurusi masalah administrasi bukan dengan kepala dingin namun dengan emosi. Kuncinya adalah kesabaran. Berfikirlah dari sudut pandang pegawai administrasi. Biasanya pegawai administrasi ini sering merasa dipusingkan dengan banyaknya permasalahan dari mahasiswa. Terutama yang tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan pihak kampus. Bayangkan berapa banyak mahasiswa yang harus mereka hadapi. Maka cobalah untuk bersikap ramah dan semanis mungkin. Beri mereka rasa nyaman ketika berhadapan dengan kamu. Ajak bercanda dan tertawa. Dengan begini pihak administrasi akan merasa ikhlas menolongmu dan urusanmu menjadi lancar.

Negosiasi dengan Dosen
Biasanya permasalahan yang terjadi dengan dosen adalah masalah tugas, kekosongan daftar hadir yang menghambat kelulusan mata kuliah, mengikuti ujian susulan, dan banyak lagi. Kuncinya jadikan dosen sebagai sahabatmu. Dosen biasanya lebih bersimpati kepada mahasiswa yang dekat dengannya. Bicarakan baik-baik dan beri alasan logis mengenai permasalahanmu dan mengapa ia harus menolongmu. Akan lebih baik ketika ada masalah dosen ini kamu jadikan teman curhat dan ajak berembuk apa yang sebaiknya kamu harus lakukan. Jadi beliau bisa membantu dalam mencari solusi dalam masalah perkuliahanmu.

Negosiasi dengan Dekan
Biasanya yang paling sering dinegosiasikan dengan dekan adalah masalah keterlambatan uang kuliah. Memang tidak mudah karena tiap kampus memiliki kebijakan sendiri mengani pembayaran uang kuliah ini. Tapi tidak ada salahnya kamu coba untuk minta kebijakan mengenai uang kuliah ini. Syaratnya kamu punya kepastian mengenai tenggat waktu untuk pembayaran, berprestasi dalam akademik, rajin menghadiri perkuliahan dan tidak memiliki daftar hitam di kampus. Gak ada salahnya kamu coba pula untuk menjaring teman-teman yang memiliki nasib serupa tapi memiliki keseriusan dalam kuliah dan prestasi yang baik. Selain itu, coba dekati beberapa dosen yang memiliki jabatan dan bersimpati terhadap keadaanmu. Biasanya dengan banyaknya mahasiwa senasib, serta pengaruh dari dosen lain, sang Dekan bisa sedikit melonggarkan kebijakannya.

Negosiasi dengan Ibu Kos
Kalau dengan ibu kos, apalagi masalahnya kalau bukan mengenai tata tertib kosan dan pembayaran uang kosan. Makanya sejak pertama masuk ke kosan kamu harus bersikap baik terhadap ibu kos. Kuncinya adalah cari muka. Buat ibu kos menyayangimu seperti anaknya sendiri. Kamu bisa curhat masalah keluarga dan ekonomimu. Tapi agar lebih mudah menjadi anak kesayangan, kamu harus jadi anak baik dong. Jadi misalnya kamu mau pindah kamar yang lebih enak, sering pulang larut malam atau minta tenggat waktu bayar kosan, biasanya ibu kos akan lebih mengerti.
Agar negosiasimu lebih lancar, ingat untuk melakukannya dengan setenang mungkin. Jangan mendebat lawan bicaramu dan lakukan negosiasi itu di waktu yang tepat ketika lawan bicaramu sedang dalam mood yang baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Jasa Pembuatan/Konsultasi Skripsi,Tesis,Disertasi Olahdata di Surabaya
Segera Hubungi Kami :
Faid (Marketing PT KARUNIA MANDIRI CONSULTANT)
Email : karunia_mandiri@yahoo.com
Telp : (031) 8705532
No Hp : 085655015212 / 08123120611 / 031 70742999
atau di lokasi Rental Surabaya
jln. Kedung Asem No 47 Rungkut Surabaya

0 komentar:

Posting Komentar