Selasa, 16 Agustus 2016

Cara Mendapat Nilai IPK Yang Tinggi

Dalam perkuliahan nilai merupakan hal yang paling utama dalam meningkatkan indeks prestasi (IP) semester kita. Namun untuk mendapatkan IP tinggi tidaklah mudah dan dibutuhkan kerja keras kita selama kuliah. Lalu bagaimana mendapatkan IP yang tinggi? Belajar? kalau cuma belajar semua orang juga tau. Disini saya akan memberi tips yang pernah saya coba agar mendapatkan ip yang tinggi dan ga cuma "BELAJAR". Langsung saja simak tips-tips berikut dari saya.
Cara Mudah Meningkatkan IP Semester

Sebelum Semester Dimulai
  1. Referensi mata kuliah
    Sebelum mengambil suatu mata kuliah, cobalah untuk mengetahui jenis matakuliah tentang apa yang akan di pelajari. Kamu bisa bertanya dengan teman yang sudah pernah mengambil mata kuliah tsb, senior, dosen pembimbing akademik maupun sedikit membaca dari internet atau perpustakaan agar kamu tau letak kerumitan mata kuliah tersebut, setelah itu baru kita coba no 2 di bawah ini.
  2. Ambil mata kuliah yang dianggap mudah
    Sebelum perkuliahan berlangsung cobalah untuk menganalisis mata kuliah apa yang lebih mudah dipelajari sesuai kemampuan kita terlebih dahulu, artinya kita harus pilih-pilih dalam meng-entri suatu mata kuliah dijadwal yang ada di semester ini. Tapi cara ini tidak berlaku apabila perkuliahan dikampus kamu menggunakan sistem paket mata kuliah (jadwal pelajaran kuliah sudah ditentukan oleh kampus per-semester)
  3. Pilih dosen-dosen yang dermawan akan nilai
    Telusuri dosen apa saja yang mengajar dalam suatu mata kuliah tapi tidak pelit dalam memberi nilai ke mahasiswanya. Coba tanyakan ke senior dikampus atau teman yang sudah pernah mengambil matkul dengan dosen yang disebutkan tadi. Namun hal ini juga tidak berlaku seperti poin 2 di atas.
  4. Sekelas dengan teman yang rajin dan pintar
    Sebelumnya cobalah untuk mengajak/mengikuti teman kamu yang dianggap rajin dan pintar untuk bisa sekelas dengan kamu. Hal ini akan mempengaruhi sistem belajar kamu sehingga bisa mendapatkan nilai yang bagus sehingga IP pun beranjak naik, kecuali jika kamu hanya mengandalkan mereka agar bisa mencontek pas ujian 

Perkuliahan Berlangsung

  1. Jangan pernah telat masuk kelas maupun bolos kuliah
    Sekali melakukan hal ini pasti kita akan ketinggalan dalam mempelajari suatu pelajaran sehingga kita tidak akan terlalu mengerti. Apalagi jika itu adalah mata kuliah praktek, kalau tidak masuk sehari pastinya pertemuan selanjutnya kita akan menjadi sulit mengikuti pelajaran. So usahakan yang rajin kuliahnya.
  2. Fokus sewaktu dosen menerangkan pelajaran.
    Cukup dengerin aja, simak baik-baik biar ngerti dan catat kalau perlu.
  3. Kerjakan semua tugas dan kumpulkan tepat waktu
    Hal ini akan membantu menambah nilai kamu dalam mata kuliah tersebut, jadi kerjakan semua tugas yang diberikan dosen dan kumpulkan tepat pada waktunya.
  4. Cobalah untuk akrab dengan dosen dipelajaran kamu
  5. Sekali-sekali membaca materi kuliah / catatan
    Dengan membaca kita akan menjadi tau, jika tidak mengerti jangan ragu untuk bertanya kepada teman yang lebih mengerti atau tanyakan langsung pada dosen yang bersangkutan.
Jasa Pembuatan/Konsultasi Skripsi,Tesis,Disertasi Olahdata di Surabaya
Segera Hubungi Kami :
Faid (Marketing PT KARUNIA MANDIRI CONSULTANT)
Email : karunia_mandiri@yahoo.com
Telp : (031) 8705532
No Hp : 085655015212 / 08123120611 / 031 70742999
atau di lokasi PT KARUNIA MANDIRI CONSULTANT

0 komentar:

Posting Komentar