Jumat, 12 Agustus 2016

Cara Agar Dapat Berfikir Kritis

Saat Anda ingin menyelesaikan permasalahan dalam perusahaan, terkadang Anda akan terpaku pada cara berpikir konvensional yang kaku. Berpikir secara kritis mungkin akan sulit jika Anda terbiasa berada dalam perusahaan yang memberikan aturan baku. Padahal berpikir secara kritis sangat diperlukan dalam membuat terobosan baru atau saat mencari solusi bagi masalah perusahaan. Lalu bagaimana cara meningkatkan kemampuan Anda dalam berpikir kritis? Inc.com memberikan beberapa langkah ini untuk Anda.

1. Jangan terburu-buru 
Pikirkan secara baik-baik dan mendalam mengenai beberapa ide sebelum Anda mengambil keputusan. Ini tidak harus memakan waktu yang lama. Coba Anda tanyakan pada kelompok Anda mengenai sisi lain dari masalah, atau cara pandang yang lebih mendalam. Ini harus selalu diterapkan, terutama saat menghadapi isu-isu yang rumit dan baru.

2. Mencoba berpikir di luar kotak 
Selalu berpikir bersama kelompok akan membuat pikiran Anda terbatasi. Sesekali, berpikirlah sendiri, dan cobalah keluar dari pemikiran kelompok. Lihatlah masalah dari sudut pandang lain dna temukan kemungkinan-kemungkinan penyelesaian masalah yang mungkin tidak terpikirkan oleh kelompok Anda. Memang menjadi berbeda belum tentu selalu lebih baik. Namun paling tidak Anda bisa menemukan "titik buta" dari setiap masalah.

3. Mendukung perbedaan pendapat 
Berdebat tidak selalu berarti masalah. Dengan berdebat dan saling melempar pendapat Anda dapat mengumpulkan pemikiran yang berbeda-beda. Jangan selalu melihat pendapat yang berbeda dengan Anda sebagai sebuah kesalahan. Anda harus berani berpikiran terbuka dan menerima semua perbedaan tersebut. Siapa tahu salah satu pendapat yang berbeda itu adalah penyelesaian masalah bagi perusahaan Anda.

4. Berkomunikasi dengan maverick 
Maverick adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang-orang atau organisasi yang tidak konvensional, yang seringkali memiliki sudut pandang yang tidak biasa. Temukan mereka, dan cari tahu bagaimana cara pandang mereka terhadap sesuatu. Jika pendapat mereka sangat berbeda dengan Anda, kemungkinan akan terjadi penolakan. Namun orang-orang yang berpikir kritis selalu mencari cara lain dalam melihat setiap masalah. Anda mungkin akan sering berbeda pendapat dengan para maverick, tetapi bisa jadi pada beberapa kesempatan, Anda akan mendapatkan pandangan yang lebih baik, luas, dan jelas dengan memahami cara berpikir mereka.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan cara berpikir kritis Anda. Pada intinya adalah selalu berpikiran terbuka pada hal-hal dan pemikiran baru. Kemudian biarkan otak Anda berkreasi dengan segala macam sudut pandang dan cara berpikir.

Jasa Pembuatan/Konsultasi Skripsi,Tesis,Disertasi Olahdata di Surabaya
Segera Hubungi Kami :
Faid (Marketing PT KARUNIA MANDIRI CONSULTANT)
Email : karunia_mandiri@yahoo.com
Telp : (031) 8705532
No Hp : 085655015212 / 08123120611 / 031 70742999
atau di lokasi PT KARUNIA MANDIRI CONSULTANT

0 komentar:

Posting Komentar