Jumat, 01 Juli 2016

Cara Memilih Judul Skripsi Yang Tepat

Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang disusun berdasarkan hasil penelitian. Metode penelitian yang digunakan harus efektif, efisien, dan relevan. Suatu metode dikatakan efektif apabila selama pelaksanaan dapat terlihat adanya perubahan positif menuju tujuan yang diharapkan. Metode dikatakan efisien apabila penggunaan waktu, fasilitas, biaya, dan tenaga dapat dilaksanakan sehemat mungkin serta dapat mencapai hasil yang maksimal. Sedangkan metode dikatakan relevan apabila waktu penggunaan hasil pengolahan dengan tujuan yang hendak dicapai tidak terjadi penyimpangan. Pembuatan skripsi memiliki tujuan yaitu supaya mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah yang sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang telah diambilnya

Dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi, skripsi merupakan syarat akhir pembinaan kompetensi mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Berdasarkan ketentuan tersebut, maka tidak jarang mahasiswa menganggap skripsi adalah sesuatu hal yang sangat berat untuk dilakukan. Padahal anggapan tersebut sangat menyesatkan mahasiswa. Menurut saya skripsi adalah suatu hal yang sangat menyenangkan untuk dikerjakan. Mengapa?, karena setelah saya selesai melakukan penelitian (yang nantinya akan saya tulis dalam bentuk skripsi) berarti saya telah mendapatkan jawaban tentang apa yang membuat keilmuan saya merasa terusik selama ini.

Bagaimana caranya supaya mahasiswa mampu mengakui bahwa skripsi adalah suatu hal yang sangat menyenangkan untuk dikerjakan. Pemilihan judul skripsi yang tepat adalah kunci supaya skripsi mudah dikerjakan dan selesai pada waktu yang telah direncanakan (harapan kita semua). Berikut adalah tips dan cara memilih judul skripsi yang tepat:

1.     Pilihlah judul yang berguna

Judul dikatakan tidak berguna jika pembaca telah mengetahui jawaban penelitian kita dengan hanya membaca judul, sehingga pembaca tidak tertarik untuk membaca lebih lanjut isi skripsi kita mulai dari latar belakang sampai kesimpulan. Tips memilih judul yang berguna yaitu dengan memilih judul penelitian yang mencari penyebab atau solusi terhadap permasalahan yang sedang terjadi dan memerlukan penyelesaian segera. 

2.     Pilihlah judul yang kamu minati

Mengapa permasalahan minat menjadi penting? Dengan minat kita akan lebih rela berkorban baik waktu dan pikiran untuk segera menyelesaikan penelitian.

 3.     Pilihlah judul yang kamu kuasai

      Jangan sekali-kali Anda mengambil judul penelitian skripsi di luar lingkup permasalahan yang Anda kuasai. Jika itu Anda lakukan, maka bersiaplah Anda membuang waktu dan uang lebih besar untuk melakukan percobaan. Dengan penguasaan ilmu yang terkait dengan judul yang rendah, kemungkinan Anda melakukan kesalahan penelitian akan lebih besar. Sehingga penelitian perlu dilakukan berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

4.     Pilihlah judul yang banyak referensinya.

Meskipun Anda memerlukan judul yang memiliki tingkat kegunaan, minat, dan penguasaan materi yang tinggi, jangan sekali-kali Anda mencari judul (berguna, sesuai minat, dan penguasaan) tetapi tidak ada atau kurangnya literatur terkai. Hal tersebut juga dapat menjadi penghambat terselesainya penelitian sesuai rencana.

0 komentar:

Posting Komentar