Senin, 13 Oktober 2014

Binus Online Learning, Kuliyah tanpa Kampus

Apa jadinya bila kuliyah dengan kampus yaah…
Di bayangan kita mungkin ada enaknya yaah, jadi kita nggak ke kampus terus. Tapi ada juga sisi nggak enaknya, kita nggak bisa berkumpul dengan teman-teman kita atau yang lainnya. Ini ada lho kuliyah yang nggak perlu ke kampus, penasaran kan?? Lewat artikel yang berjudul Binus Online Learning, kuliyah tanpa kampus ini akan saya jelaskan diskripsinya. 

Metode yang diterapkan oleh Binus (Universitas Bina Nusantara) diberi nama Binus Online Learning. Dengan metode itu memungkinkan mahasiswa untuk tidak atang ke kampus, karena hampir seluruh kegiatan dalam perkuliyahan dilakukan melalui system online. Dengan menggunakan metode tersebut, Agus Putranto selaku Deputi Direktur Binus Online Learning menuturkan, mendorong mahasiswa untuk Self Learning, untuk belajar mandiri. 

Dia menjelaskan bahwa metode ini merupakan metode pembelajaran yang sudah diterapkan sejak 14 Februari 2009. Metode itu diperuntukkan bagi orang yang sudah bekerja atau orang-orang yang memiliki kesibukan sehingga tidak punya waktu untuk menjalankan aktifitas perkuliyahan di kampus. Melalui metode tersebut, mahasiwa tetap bisa menjalankan aktifitas perkuliyahan secara online tanpa harus mengangu pekerjaannya. 

Binus telah merancang sedemikian rupa pola pembelajaran secara online sehingga mahasiswa seperti sedang belajar di dalam kelas. Di metode itu mahasiswa bisa berinteraksi dengan dosen dan juga anggota kelas lainnya melalui forum diskusi yang telah disediakan. Mengenai mata kuliyah, bisa dilakukan pada Course Room. Sedangkan mengenai pembahasan tugas kelompok, mahasiswa bisa melakukannya di Team Room. Sedangkan untuk pertanyaan ataupun konsultasi yang bersifat personal dengan dosen dapat dilakukan melalui Personal Room. Juga ada Class Conference untuk memudahkan mahasiswa untuk berinteraksi dalam virtual class yang bersifat optimal. 

Menurut E.A Kuncoro selaku Direkstur Binus Online Learning, Universitas Binus menjadi pelopor kampus dengan menerapkan metode perkuliyahan online. Dan sekarang, masih sedikit kampus yang memiliki metode perkuliyahan secara online. Binus Online Learning menyediakan program S1 dan S2. 

Cuma itu saja yang bisa saya sampaikan kawan, oh yah,bagi kawan-kawan yang lagi sibuk kerja sehingga tidak ada waktu untuk mengerjakan tugas akhirnya baik itu skripsi, tesis, disertasi, makalah atau yang lainnya, kami PT Karunia Mandiri Consultant siap membantu kawan-kawan. Kami sudah didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas sehingga hasilnya pasti sesuai dengan yang kawan-kawan harapkan. 

0 komentar:

Posting Komentar