Senin, 25 Agustus 2014

Mengenal Jenis-jenis Penelitian

Hai kawan...
Uda kangen sama aku kan kawan-kawanku ini, sebelumnya sudah saya posting artikel tentang bagaimana menyusun bab 3, untuk saat ini untuk melengkapinya akan saya bahas tentang jenis-jenis penelitian itu sendiri. Bagi kawan-kawan pastinya bingung kan, bagaimana menerapkan jenis penelitiannya ke bab 3 nya, untuk itulah akan saya jelaskan dalam artikel saya yang bertemakan mengenal jenis-jenis penelitian.

Yang perlu diingat bagi kawan-kawan adalah banyak sekali ragam penelitian yang bisa kita lakukan, hal ini tentu tergantung pada pendekatan, tujuan, tempat, bidang ilmu, dan sebagainya. Langsung saja yan kawan, akan saya jelaskan mengenai beberapa jenis penelitian, di simak ya kawan...hehehe
  1. Penelitian yang ditinjau dari tujuan, yaitu penelitian pengembangan, penelitian eksplanatif, dan penelitian verifikasi.
  2. Penelitian yang ditinjau dari pendekatan, meliputi pendekatan silang (cross section) dan pendekatan bujur (longitudinal). 
  3. Penelitian yang ditinjau dari bidang ilmu, jenis penelitian ini disesuaikan dengan jenis spesialisasi dan interest. Yang masuk kategori jenis penelitian ini adalah penelitian di bidang kedokteran, bidang pendidikan, keolahragaan, perbankan, pertanian, ruang angkasa, dan sebagainya.
  4. Penelitian yang ditinjau dari tempatnya, antara lain penelitian di perpustakaan, penelitian di laboratorium, dan penelitian di lapangan.
  5. Penelitian ditinjau dari hadirnya variabel, terdiri dari penelitian variabel masa lalu, sekarang, lalu penelitian variabel masa yang akan datang. Penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan/ menjelaskan variabel masa lalu dan sekarang merupakan penelitian deskriptif, sedangkan penelitian yang dilakukan terhadap variabel masa yang akan datang merupakan penelitian eksperimen.
  6. Penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif
Gimana kawan, apa sudah jelas semua???, semoga artikel ini bermanfaat bagi kawan-kawan semua, jadi dalam mengerjakan skripsi atau karya tulis yang lain kawan-kawan sudah tidak bingung lagi. Bagi kawan-kawan yang merasa bingung dalam mengerjakan karya tulis ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi atau yang lainnya, kawan-kawan bisa menggunakan jasa kami di PT Karunia Mandiri Consultant, Surabaya. Sekian dulu dari saya ya kawan, terima kasih sudah mengunjungi blog kami.

0 komentar:

Posting Komentar