Selasa, 12 April 2016

Tips Agar Skripsi Kamu Cepat Selesai

Tips Agar Skripsi Kamu Cepat Selesai :
1. Biasakan Menulis, Jangan Hanya Copy Paste
Bisa karena terbiasa, sebenarnya skripsi akan lebih mudah dikerjakan apabila mahasiswa juga terbiasa menulis. Menulis yang dimaksud dapat diartikan seperti menulis makalah, essay dll. Jika kebiasaan tersebut dapat dilakukan dengan konsisten, mungkin tak ada mahasiswa yang mengeluh tentang kesulitan menyusun skripsi. Tata cara penulisan makalah yang baik dan benar seringkali disampaikan oleh dosen di awal perkuliahan tingkat pertama. Tidak hanya penjelasan dari dosen, terkadang ada beberapa kampus yang menerbitkan buku panduan dalam penulisan karya ilmiah. Menulis makalah ataupun tugas kuliah yang sesuai dengan pedoman penyusunan karya tulis akan menghidarkan mahasiswa dari kata ‘revisi’.

Penjelasan dosen dan panduan tentang penulisan karya ilmiah pada kenyatannya tidak diindahkan oleh mahasiswa. Mengerjakan tugas dengan copy paste sepertinya lebih menarik dibandingkan dengan buah pikir sendiri. Kemudahan dalam mengakses referensi melalui internet membuat mahasiswa enggan untuk berpikir. Jika ada tugas makalah maka yang dilakukan adalah asal unduh saja, kemudian copy paste. Penggunaan internet dalam mencari referensi memang diperbolehkan asalkan mahasiswa tetap mau membaca dan mengambil beberapa sebagai bahan tambahan. Jadi tidak seluruhnya disalin, ambil beberapa yang dibutuhkan dan kombinasikan dengan informasi lain. Intinya budaya membaca dan menulis harus ditumbuhkan dalam diri mahasiswa.

2. Tentukan Topik Permasalahan Terlebih Dahulu


Saat menempuh skripsi mahasiswa selalu dibingungkan dengan judul yang akan diambil, sehingga judul-judul dari skripsi yang sudah ada diambil dan dikombinasikan. Intinya biar cepet dapet judul lah. Penentuan judul semacam itu, akan menyulitkan mahasiswa dalam proses menyusun skripsi. Jadi yang harus dilakukan adalah, mahasiswa harus menemukan permasalahannya kemudian cari solusinya. Identifikasi masalah dan solusi yang ditawarkan inilah yang nantinya dapat dirsngkai menjadi sebuah judul skripsi.

3.Tentukan Judul Sesuai Kemampuanmu


Pada poin ini sering ditemui pula dalam kehidupan mahasiswa tingkat akhir. Pola penentuan judul secara asal dengan mengkombinasikan beberapa skripsi tanpa memikirkan kemampuan akan menyulitkan mahasiswa ditengah perjalanan penyusunan skripsi. Penentuan judul yang tepat akan memebuat mahasiswa mampu dalam menyeesaikannya tanpa merasa terbebani.

4. Rajinlah Bertemu Dosen

Mendapatkan dosen pembimbing yang sudah terkenal killer, sulit ditemui, sulit untuk diajak diskusi, dan sebagainya merupakan hal yang paling ditakuti mahasiswa. Jika kamu mengalami keadaan seperti ini maka yang harus dilakukan adalah melakukan pendekatan ekstra. Pendekatan ekstra yang dimaksud disini adalah lebih rajin dan lebih sabar untuk bimbingan, perlihatkan bahwa kalian memang benar-benar niat. Jangan menyerah, tidak ada dosen yang menyulitkan mahasiswa. Kesulitan dalam bimbingan hanyalah sugesti dari mahasiswa. Dosen senang memberi pertanyaan yang bersifat menguji saat bimbingan, jadi sebaiknya kamu harus menguasai apa yang kamu kerjakan. Ingat ya rajin, sabar, dan belajar

5. Jauhi Malas
Godaan terbesar mahasiswa dalam mengerjakan skripsi adalah rasa malas. Mahasiswa suka menunda-nunda waktu dan menggampangkan sesuatu. Jadi hindarilah sifat malas ini, carilah hal-hal yang dapat membuat kalian lebih bersemangat. Ingatlah ada keluarga dirumah yang menanti kalian agar cepat lulus.

0 komentar:

Posting Komentar